Powered By Blogger

Rabu, 11 April 2012

tugas 4

1.Apa yang dimaksud pengertian pembiyaan sector mikro dan pembiayaan corporate
Pengertian pembiayaan sector mikro adalah memberikan pinjaman kepada nasabah yang ingin berhutang kepada bank dengan memberikan jaminan dan diberikan suku bunga sesuai nilai mata uang dunia dan diberikan jangka waktu pendek pinjaman sekitar 1-3tahun.

Pengertiann corporate adalah pembiayaan pensiun,yang dimaksud pembiayaan pensiun yaitu memberikan tujangan kepada pns yang sudah pensiun dan mendapat biaya hidup secukupnya
Adapun pasal pasal yang mengatur pembiayaan corporate sering disebut pembiayaan pensiun


Pasal 90

Pensiun PNS dan pensiun ahli waris PNS diberikan sebagai perlindungan kesinambungan penghasilan hari tua, dan sebagai penghargaan atas kinerja dan pengabdian PNS.

Pasal 91

(1) PNS yang diberhentikan dengan hormat berhak menerima pensiun

(2) PNS yang diberhentikan tidak dengan hormat berhak menerima akumulasi iuran pensiun beserta hasil pengembangannya tanpa disertai konstribusi iuran pemerintah.

(3) Iuran Pemerintah sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikembalikan kepada pemerintah.

(4) Tata cara pengembalian iuran pemerintah sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diatur dengan peraturan pemerintah.

Pasal 92

(1) Sumber pembiayaan pensiun berasal dari pemerintah selaku pemberi kerja dan iuran PNS yang bersangkutan.

(2) Pengelolaan pensiuns PNS diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara berdasarkan peraturan perundang-undangan.



“Mengenai Pensiun PNS dalam Rancangan Undang-undang ASN adalah untuk mengatur prinsip-prinsip dasar pensiun saja, jadi hanya norma-norma tatacara pembayaran pensiun kepada PNS yang memasuki batas usia pensiun harus mendapatkan hak pensiun, namun secara lengkap mengenai pembayaran pensiun diatus dalam UU 11 tahun 1969 yang akan direvisi,” ujar Tasdik Kinanto.

Terkait dengan usia pensiun untuk Jabatan Administrasi, Panja RUU ASN Komisi II DPR RI menyepakati 58 (lima puluh delapan ) tahun dan untuk usia pensiun Jabatan Fungsional dan Jabatan Eksekutif Senior akan dibahas lebih lanjut. 

Sementara itu Direksi Taspen setelah mengikuti pembahasan RUU ASN di Aula Komplek DPR RI,dilanjutkan dengan pengarahan Direktur Utama PT Taspen (Persero) Agus Haryanto kepada TIMTaspen di Hotel Safari Garden Puncak Bogor. Direksi mengharapkan kepada TIM untuk selalu memantau perkembangan pembahasan RUU ASN dan memberikan masukan-masukan kepada pemerintah yang selanjutnya dimasukan kepada DIM Panja RUU ASN. “Kita harus berjuang keras untuk mempertahankan keberadaan Taspen, kita ingin menyelamatkan perusahaan dengan jumlah asset cukup besar yaitu ±110 triliun pada tahun 2014, agar bermafaat bagi bangsa dan Negara,”ungkap Direktur SDM PT Taspen (Persero) Karsidi. A

2.manakah yang paling menguntungkan kedua pendapat tersebut ??
Menurut pendapat saya yang paling menguntungkan yaitu pembiayaan corporate karena itu adalah tunjangan pensiun kepada pns agar mendapat hidup yang layak di hari tua tersebut … dan bisa hidup cukup dihari tua mereka

3.apakah tantangan dari keduanya??
Tantangan pada pembiayaan sector mikro yaitu seperti peminjaman tanpa anggunan yang dapat merugikan rakyat,,karena apabila tidak bisa membayar akan  bisa disita assets asetssnya,Dan bisa menjadi jatuh miskin karena biasa diambil depkolektor tersebut.
Tantangan pada pembiayaan corporate yaitu  tidak terpenuhnya kewajiban pemerintah terhadap pembiayaan pensiun pns yang mengakibatkan banyak pns yang  tidak terpenuhi kehidupan massa tuanya,,tidak sejahtera kehidupannya dimasa tuanya. Banyak sekali mereka yang membuthkan kesjahteraannya.Banyak yang tidak jelas hidupnya dimasa tuannya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar